STUDI EKSPLANATORI DAN KONFIRMATORI TENTANG KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK BERDASARKAN INJIL YOHANES DI KALANGAN DOSEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG (EXPLANATORY AND CONFIRMATORY STUDY ON EDUCATOR POWER COMPETENCY BASED ON THE GOSPEL OF JOHN FOR LECTURERS)

  • Adhi Kusmantoro Universitas PGRI, Semarang
  • Muner Daliman 2Sekolah Tinggi Teologi Kadesi
  • Ragil Kristiawan Sekolah Tinggi Teologi KAO, Semarang
  • Gidion Gidion Sekolah Tinggi Teologi KAO
Keywords: competence, academic position, quality, lecturer, kompetensi, jabatan akademik, kualitas, dosen

Abstract

The location of the lecturer competency research was carried out at the PGRI University of Semarang. Based on preliminary research observations there has been a decrease in lecturer competence. Therefore the aim of this research is to determine the most dominant competence, the level of competence implementation between Christian and non-Christian lecturers, and the most dominant level of functional positions. This research uses quantitative research methods. From the results of data analysis carried out with Confidence Interval at the 5% significance level, the lower bound and upper bound values ​​were obtained in the medium category so that they were in accordance with the first hypothesis. From the results of the analysis using linear regression, the personality competency dimension (D3) has about 42%. These results indicate that pedagogical competence is the most dominant dimension because it is closely related as a competent teaching staff in teacher colleges. The level of implementation of Christian lecturers and non-Christian lecturers is in the medium category. But with the analysis of the score acquisition, the score for the implementation of Christian lecturers' competence was higher, namely 99.10%. Based on the results of the analysis using Linear Regression and Binary segmentation on the fourth hypothesis Head Lector becomes the most dominant functional background category category, being able to improve 0.637 times. Efforts or policies need to be made to improve the quality of lecturers.

 

Lokasi penelitian kompetensi dosen dilaksanakan di Universitas PGRI Semarang. Berdasarkan observasi awal penelitian telah terjadi penurunan kompetensi dosen. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi yang paling dominan, tingkat implementasi kompetensi antara dosen Kristen dan dosen non-Kristen, dan tingkat jabatan fungsional yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dari hasil analisis data yang dilakukan dengan Confidence Interval pada taraf signifikansi 5% dihasilkan nilai lower Bound dan upper Bound pada kategori sedang sehingga sesuai dengan hipotesis pertama. Dari hasil analisis menggunakan regresi linier dimensi kompetensi kepribadian (D3) memiliki sebesar 42 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik sebagai dimensi yang paling dominan karena berkaitan erat sebagai tenaga pengajar yang kompeten pada perguruan tinggi keguruan. Tingkat implementasi dosen Kristen dan dosen non-Kristen pada kategori sedang. Tetapi dengan analisa perolehan skor, skor implementasi kompetensi dosen Kristen lebih tinggi yaitu 99,10%. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Regresi linier dan Biner segmentation pada hipotesis keempat Lektor Kepala menjadi kategori latar belakang jabatan fungsional paling dominan, mampu memperbaiki sebesar 0,637 kali. Perlu dilakukan upaya atau kebijakan untuk meningkatkan kualitas dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Bahapol, Edim; Singal, Youke. “Mendidik Untuk Kehidupan Berdasarkan Kompetensi Guru Kristen di Indonesia.” QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, Vol.2, No.1 (2020): 62-85. DOI: 10.46362/quaerens.v2i1.21.

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2002.

Fathorrahman. “Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Dosen.” Akademika (Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Bisnis). Vol.15, No.1 (2017): 1-6, http://jurnal.stieimalang.ac.id/index.php/JAK/article/view/67.

Hariyani, Mimi. “Analisis Kompetensi Profesional Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau,” Jurnal Pesona Dasar, Vol.1, No.5 (2017), 16–29, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7953.

K, Sundara. “Kontribusi Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun Akademik 2012/2013,” GaneÇ Swara Vol.7, No.2 (2013): 79-84, http://unmasmataram.ac.id/wp/wp-content/uploads/11.-KOMANG-SUNDARA.pdf.

Kadir, Abdul. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik IAIN Kendari.” Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. Vol.13, No.1 (2018): 1-15, DOI: 10.31332/ai.v13i1.

Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju, 1990.

Kustiyati, Sri. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa.” Indonesia Jurnal Kebidanan, Vol.1, No.1 (2017): 37-48, DOI: 10.26751/ijb.v1i1.222.

Mawardi, Al.” Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen Di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe.” Jurnal BISSOTEK. Vol.6, No.1 (2011): 1-13, http://jurnal.pnl.ac.id/?p=899.

Mediawati, Elis. “Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Dan Kompetensi Dosen Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol.5, No.2 (2010): 134–146, DOI: 10.15294/dp.v5i2.

Murti, Ridyantoro Widoyo; Prasetio, Arif Partono. “Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University.” Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.18 No.2 (2018): 94-102, https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/12950.

Nasehudin, Toto Syatori; Gozali, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2012.

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Pedoman Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2010, http://sipma.ui.ac.id/files/dokumen/U_DOSEN/pedoman%20beban%20kerja%20dosen%20&%20evaluasi%20tridharma.pdf.

Prastowo, Andi. Memahami Metode-metode Penelitian. Yogyakarka: Ar-ruzz Media, 2011.

Purwanto, Muhammad Idris. “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Sikap Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Tumbuhnya Jiwa Enterpreneur Mahasiswa Dalam Penerapan Project Based Learning.” Jurnal Probisnis. Vol.8, No. 2 (2015): 1-14, http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/probisnis.

RPRM, Setyaningrum. “Sundari S, Model Hubungan Kompetensi, Profesionalisme dan Kinerja Dosen,” Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan. Vol.1, No.2 (2014): 157-174, DOI: 10.21070/jbmp.v1i2.270.

Rombe, Eni. Belajar Statistika dengan Mudah: dilengkapi dengan Konsep & Aplikasi SPSS 17.0. Semarang: KAO PRESS, 2016.

Rubrik Beban Kerja Dosen Dalam Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Kementerian Ristek Dan Dikti, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, 2018, http://storage.kopertis6.or.id/kepegawaian/BKD.

Sasmoko, Metode Penelitian. Jakarta: PPS, 2006.

Singarimbun, Masri; Effendy, Sofian. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1989.

Soraya, Nyayu. “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang,” Tadrib, Vol.IV, No.1 (2018), 183-2004, DOI: 10.19109/Tadrib.v4i1.1957.

Subagyo, Andreas Bambang. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kwalitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta, 2003.

Trisnaningsih, Sri. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Akuntansi, Jurnal Akuntansi & Auditing,” Vol.8, No.1 (November 2011), 83-84, DOI: 10.14710/jaa.8.1.83-94.

Usman, Husaini. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Yulianik, Endah; Herani, Ika. “Kompetensi Dosen Menurut Mahasiswa Psikologi Universitas Brawijaya.” Jurnal Psikologi Indonesia. Vol.7, No.1 (2018): 32-40, DOI: 10.30996/persona.v7i1.

Nyavon, Petrus. “Pengaruh Kinerja Dosen Pada Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar,” Psikoborneo, Vol.4, No.2 (2016), 184-190, DOI: 10.30872/psikoborneo.

Wibowo. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Published
2020-10-20
How to Cite
Kusmantoro, A., Daliman, M., Kristiawan, R., & Gidion, G. (2020). STUDI EKSPLANATORI DAN KONFIRMATORI TENTANG KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK BERDASARKAN INJIL YOHANES DI KALANGAN DOSEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG (EXPLANATORY AND CONFIRMATORY STUDY ON EDUCATOR POWER COMPETENCY BASED ON THE GOSPEL OF JOHN FOR LECTURERS). QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, 2(2), 102-127. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i2.25