Mendeley Reference Management Training
Strategies to Enhance SINTA Score at STAKPN-Sentani
Abstract
This community service program aims to enhance the competence of academic writers at STAKPN Sentani in using Mendeley reference management software. The training was designed to help lecturers and writers meet current regulations for producing and publishing scientific works. Participants were grouped into novice writers and those with low SINTA scores. Using an On-the-Job Training (OJT) approach, the sessions were held directly in the participants’ workplace. twenty writers from the departments of Christian Religious Education, Church Music, Theology, and Early Childhood Education took part. The program included initial coordination, core training, and outcome evaluation. Results showed that all participants successfully mastered the use of Mendeley, enabling them to improve the quality and quantity of scientific publications and thereby contribute to increasing the overall SINTA score of STAKPN Sentani.
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penulis akademik di STAKPN Sentani dalam menggunakan perangkat lunak manajemen referensi Mendeley. Pelatihan ini dirancang untuk membantu dosen dan penulis memenuhi ketentuan terkini dalam penyusunan dan publikasi karya ilmiah. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu penulis pemula dan penulis dengan skor SINTA rendah. Dengan menggunakan pendekatan On-the-Job Training (OJT), sesi pelatihan dilaksanakan langsung di lingkungan kerja peserta. Sebanyak dua puluh penulis yang berasal dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Musik Gereja, Teologi, dan Pendidikan Anak Usia Dini mengikuti kegiatan ini. Program meliputi tiga tahapan yakni koordinasi awal, pelatihan inti, dan evaluasi hasil. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh peserta berhasil menguasai penggunaan Mendeley, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah serta berkontribusi pada peningkatan skor SINTA STAKPN Sentani secara keseluruhan.
References
Goma, Edwardus Iwantri, Yulian Widya Saputra, Aisyah Trees Sandy, and Mei Vita Romadon Ningrum. “Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP) 5, no. 1 (2022): 1–8.
Irwan, Irwan, Suarti Suarti, Sri Sumantri, Jufri Agus, and Muammar Muammar. “Pelatihan Pengutipan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Berbasis Mendeley.” Jurnal Abdidas 3, no. 3 (2022): 479–487.
Ismail, Hijril, Muhammad Nizaar, Sri Maryani, Nurmiwati Nurmiwati, Hidayati Hidayati, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, and Erwin Erwin. “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah.” JCES (Journal of Character Education Society) 4, no. 4 (2021): 1042–1050.
Julianto, Very. “Faktor-Faktor Penghambat Meningkatnya Kemampuan Publikasi Di Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Jurnal Psikologi Integratif 6, no. 2 (2019): 131–140.
Komalasari, Dwi, Susan Febriantina, and Maulana Amirul Adha. “Perilaku Kerja Inovatif Guru SMK Negeri Di Jakarta Pusat.” Seroja: Jurnal Pendidikan 2, no. 3 (2023): 182–194.
Kusworo, Kusworo, Nasmal Hamda, Purwati Yuni Rahayu, Heri Indra Gunawan, and Fitra Jaya. “Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti Di Provinsi Banten.” Indonesian Journal of Society Engagement 1, no. 2 (2020): 183–193.
Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya” (2020).
Mesra, Romi, Erning Ertami Anton, and Andi Cempana Sari Iskandar. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Dan Turnitin Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah Di SMA Negeri 1 Tondano.” Abdi Masyarakat 5, no. 1 (2023): 56–67.
Nufus, Shella Mauria Zakiatun, and Sulthon Farkhansa. “Peran On the Job Training (OJT) Dalam Meningkatkan Kompetensi Karyawan Dan Keberlangsungan Usaha Pada CV. Flash. Net.” Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara 1, no. 5 (2025): 191–196.
Sinambela, Lijan Poltak. “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi.” Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2017): 579–596.
Sulistyo, Teguh, and Agus Sholeh. “Memaksimalkan Pemanfaatan Mendeley Untuk Teknik Referensi Karya Ilmiah.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023): 61–67.
Triwahyuni, Eges. “Pelatihan Penggunaan Mendeley Sebagai Alat Dalam Pengorganisasian Referensi Untuk Penulisan Karya Ilmiah Pada Mahasiswa Pascasarjana (S2) Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Argopuro Jember.” Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia 2, no. 4 (2023).
Wahyudi, Wahyudi. “Kinerja Dosen: Kontribusinya Terhadap Akreditasi Perguruan Tinggi.” Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 3, no. 4 (2020): 401–410.
Wibowo, Adik. “Mencegah Dan Menanggulangi Plagiarisme Di Dunia Pendidikan.” Kesmas 6, no. 5 (2012): 1.
Copyright (c) 2025 Lewi Kabanga, Riski Tasijawa, Yakob G. Malatuny, Dorce Bu’tu, Santy Layan, Jolanty W. Pentury, Seprianti Rumkabu, Shintia M. Kapojos, Daniel Syafaat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SERVIRE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat by https://jurnal.widyaagape.ac.id/index.php/servire/ is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional