Dampak Keteladanan Guru Sekolah Minggu Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Gereja Kristen Indonesia Menining

  • Vera Ria Christia Sekolah Tinggi Teologi Moriah
  • Christiani Hutabarat Sekolah Tinggi Teologi Indonesia
Keywords: sunday school, teachers, character building, sekolah minggu, guru, pembentukan karakter

Abstract

The teacher's example in character building is the beginning of making quality Sunday school children. The example of Sunday school teachers is the basis for producing children with good character. It turns out that in creating the formation of children's character, it must be based on various aspects, one of which is seen from the teacher so that children can imitate the attitudes and examples of their own teachers. The main purpose of this paper is to find out how influential the role model of a Sunday school teacher is in shaping the character of children at Gereja Kristen Indonesia Menining. This writing uses the type of Qualitative research that uses direct interview techniques with Sunday school children and Sunday school teachers. From this writing, it can be concluded that 1). The example of Sunday school teachers greatly influences the formation of children's character. 2). In improving the character of children, they can go through the surrounding environment. 3). The example of the Sunday school teacher is the basis for the formation of the child's character, and the Sunday school teacher must also be a good example for Sunday school children. 4). Various tools and facilities that support in creating a comfortable atmosphere are needed in the teaching process

 

Keteladanan guru dalam pembentukan karakter merupakan awal menjadikan anak sekolah minggu yang berkualitas. Keteladanan guru sekolah minggu menjadi dasar agar menghasilkan anak yang berkarakter yang baik. Ternyata dalam menciptakan pembentukan karakter anak harus didasari oleh berbagai aspek salah satunya adalah dilihat dari gurunya sehingga anak dapat menirukan sikap dan keteladanan yang dimiliki oleh gurunya sendiri. Tujuan utama dari penulisan ini adalah agar mengetahui seberapa berpengaruhnya keteladana seorang guru sekolah minggu dalam pembentukan karakter anak Di Gereja Kristen Indonesia Menining. Penulisan ini mengunakan jenis penelitian Kualitatif yang mengunakan Teknik wawancara langsung dengan anak sekolah minggu dan para guru sekolah minggu. Dari penulisan ini maka dapat di simpulkan bahwa 1). Keteladanan guru sekolah minggu sangat mempengaruhi dalam pembentukan karakter anak. 2). Dalam meningkatkan karakter anak dapat melalui lingkungan sekitar. 3). Keteladanan yang dimiliki guru sekolah minggu menjadi dasar pembentukan karakter anak, dan guru sekolah minggu juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak sekolah minggu. 4). Berbagai alat dan sarana yang menjadi pendukung dalam menciptakan suasana yang nyaman sangat dibutuhkan dalam proses mengajar

References

Budiarjo, Tri, Pelayanan Anak Yang Holistik, Yokyakarta: Andi, 2011.

Duma, Damaris, peran guru sekolah minggu dalam membangun karakter anak di gereja sebagai pengikut Kristus, Toraja: Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja.

Eunike, Pratiwi dan Bobby Kurnia Putrawan. "Kajian Pedagogis Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid 19: Studi Kasus Siswa SMK Harapan Bagi Bangsa, Jakarta Utara." REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol.6, No.1 (2021): 32-44. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.83.

Gulo, Yoseti, dan Widjaja Sugiri. “Pengaruh Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pelayanan Remaja Dalam Konteks Gereja Di Indonesia (The Influence Of Christian Religion Education Toward Teenagers Services In The Context Of Churches In Indonesia)”. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies 2, no. 2 (December 1, 2020): 86-101. https://doi.org/10.46362/quaerens.v2i2.22.

Hersin. Alkitab Dasar Pijakan Bagi Sekolah Minggu Sebagai Generasi Penerus Gereja. https://osf.io/rq6hd/download/?format=pdf.

Jeni, Tandi Limbong. Pendidikan Dan Pendampingan Terhadap Anak Sekolah Minggu Untuk Memaknai Tujuan Dari Pak Yakni Yesus Kristus Sebagai Tuhan. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/72384.

Ismail, Andar, Ajarlah Mereka Melakukan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Ndolu, Yopie dan Bobby Kurnia Putrawan. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Gembala Sidang Dan Kesejahteraan Terhadap Motivasi Melayani Guru Sekolah Minggu Di Gbi Jakarta Timur." Jurnal Misioner Vol.1, No.1 (2021): 1-17. https://doi.org/10.51770/jm.v1i1.2

Nuhamara, Daniel, dkk, Teologi Anak sebagai Kajian. Jakarta: Suluh Cendikia, 2018.

Raka, Gade Dkk, Pendidikan karakter di sekolah dari gagasan ke Tindakan. Jakarta: Elex Media komputindo, 2013.

Simanungkalit, Lasmaria Nami and Bobby Kurnia Putrawan. "Penyuluhan Metode Pembelajaran yang Efektif Bagi Guru-Guru PAUD." MATTAPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.4, No.1 (2021): 19-30. http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.784.

Siswoyo, Hadi. “sekolah minggu sebagai sarana dalam membentuk iman dan karakter anak” jurnal teologi sanctm domine.

Sitorus, Hisardo. “Analisis Pengembangan Variasi Mengajar Guru Sekolah Minggu.” Jurnal Kristian Humaniora Vol.3, No.2 (November 2019).

Sutrisno, Bobby Kurnia Putrawan, Christiani Hutabarat, dan Susanti Embong Bulan. “Penerapan Nilai Karakter Bagi Kaum Proletar Usia Remaja di Yayasan Kemah Kasih.” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol.3, No.2 (Desember 2021). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.123

Sutrisno, Christiani Hutabarat, “Parents And Playing Friends Toward Children Social Development Orangtua Dan Teman Bermain Terhadap Perkembangan Sosial Anak.” QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies Vol.1, No.1 (Juni 2019), https://doi.org/10.46362/quaerens.v1i1.15.

Sutrisno, Peni Hestiningrum, Marthin Steven Lumingkewas, dan Bobby Kurnia Putrawan. "Christian Religious Education Toward The Teenagers Character Building." Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat Vol.5, No.2 (2021): 202-212. https:doi.org/10.46445/ejti.v5i2.330.

Tefbana, Ivana IT, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, dan Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar.” DIDACHE: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol.1, No.2 (2020).

Wijanarko, Jarot, Mendidik Anak Dengan Hati. Jakarta: keluarga Indonesia Bahagia.

Yaumi, Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, Vol.3, No.2 (Desember 2020).

Published
2021-11-06
How to Cite
Christia, V. R., & Hutabarat, C. (2021). Dampak Keteladanan Guru Sekolah Minggu Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Gereja Kristen Indonesia Menining. Journal of Religious and Socio-Cultural, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.46362/jrsc.v2i1.82